Do and Don't

Jumat, 05 Februari 2010
Don’t

Ibu hamil dan menyusui dilarang keras minum teh yang mengandung kafein. Karena kafein yang terdapat pada teh dapat merangsang kontraksi rahim serta dapat menyebabkan kelahiran bayi cacat dan mengganggu produksi kelenjar ASI

Minum teh saat perut kosong, sebab kafein akan merangsang produksi asam lambung sehingga membuat perut sakit. Khususnya yang punya penyakit maag.

Bayi dan anak kecil sebaiknya jangan diberi teh, karena kafein yang terkandung dalam teh dapat mempengaruhi kerja sistem syaraf pusat, dan anak-anak lebih sensitif terhadap pengaruh tersebut. Para ahli mengatakan adanya efek negatif kafein terhadap perkembangan otak anak-anak, sehingga akan mempengaruhi kecerdasannya.

Jangan terlalu banyak menambahkan gula pada teh, karena selain efek negatif dari gula tersebut. Teh yang dicampurkan gula dapat menyebabkan gigi kekuningan.

Jangan minum teh secara berlebihan. Walaupun teh kadar kafeinnya jauh lebih rendah dibandingkan kopi, namun sebaiknya konsumsi teh cukup 3 cangkir sehari. Meskipun batas aman mengkonsumsi teh dalam satu hari adalah 5 cangkir atau 750mg dalam sehari, namun resiko yang ditempuh akan lebih kecil bila kita mengkonsumsinya 3 cangkir sehari atau kurang.

Sebaiknya jangan minum teh saat sedang makan, karena zat yang terkandung dalam teh dapat melarutkan zat dalam makanan yang diserap oleh tubuh terutama kandungan mineral.



Do

Ibu Hamil dan menyusui sebaiknya mengkonsumsi teh decaf atau teh yang bukan berasal dari tanaman cammelia sinnensis seperti chamomile, lemon blossom, peppermint dan sebagainya. Karena teh tersebut tidak mengandung kafein atau hanya mengandung kafein sangat sedikit sekali.

Menambahkan lemon dalam cangkir teh, karena memberikan astringent effect atau pelindung bagi pencernaan kita, berkat asam sitrat yang terkandung dalam lemon akan mencegah timbulnya kerak didinding usus.

Waktu minum teh sebaiknya diantara sarapan pagi dan makan siang atau diantara makan siang dengan makan malam. Jadi perut sedang tidak dalam keadaan kosong saat mengkonsumsi teh.

Minum teh tawar. Teh tawar baik loh buat gigi karena teh tawar mengandung fluoride yang dapat memperkuat struktur gigi. Dan aroma dan rasanya masih murni karena tidak dicampur dengan gula.

Saat sedang stress minum teh. Karena akan membantu untuk mengurangi stress. Teh mengandung kafein yang dapat menimbulkan efek segar dan dapat menajamkan perhatian dan konsentrasi seseorang dan kemampuan memecahkan masalah.



4 komentar:

  1. Lina Gustina mengatakan...:

    Bagus dan sangat bermanfaat artikelnya. Ternyata banyak yang saya baru tau...

  1. Anonim mengatakan...:

    Wah, ternyata teh banyak mamfaatnya ya mbak/mas?
    Postingan yang bagus

  1. Bag time story mengatakan...:

    thanks for the visit..it is very well appreaciated.

  1. Tria Zaluska mengatakan...:

    Buat Mbak Lina Gustina : Terimkasih komentarnya..

    Buat ruangsc : Terimkasih, saya perempuan jadi mbak :)

    For ally12 : Thanks for the visit too :)

Posting Komentar