Sejarah Teh Part II

Rabu, 24 Februari 2010


Ini yang sudah aku janjikan pada tulisanku sebelumnya. Beberapa tahun bersejarah aku jabarkan lebih sepesifik. Semoga tulisan ini bisa memuaskan yaa.

2737
Sebelum MasehiDisinilah pertamakalinya teh ditemukan tidak sengaja oleh kaisar Cina, Shen Nung dan cerita tentang teh pun bergulir.

350 Masehi
Ini pertamakalinya teh disebut-sebut dalam kitab cina dengan sebutan Erh-Ya.

400-600
Permintaan teh sebagai minuman pengobatan melonjak drastis dan teknik penanaman tanaman teh pun berkembang. Dan para penikmat teh mulai berkreasi dengan tehnya, mereka mencampurkan bawang, jahe, rempah-rempah atau jeruk kedalam teh mereka.

400
Teh pada disaat itu disebut sebagai Kuang Ya di kitab Cina. Dalam kitab tersebut menjelaskan tentang infusi dan langkah-langkah penyajian teh.

479
Pedagang dari Turki mulai melakukan perdagangan teh dengan Cina di perbatasan Mongolia.

593
Ajaran Buddha dan teh pun mulai tersebar dari Cina ke Jepang. Hal ini dikarenakan pendeta dari Jepang yang belajar di Cina membawa bibit dan daun teh ke Jepang.

618-907 Dinasti T'ang
Teh pun mulai popular baik sebagai minuman pengobatan ataupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

648-749
Rahib Jepang yang bernama Gyoki, menanam tanaman teh untuk pertamakalinya di 49 biara Buddha di Jepang. Teh pada saat itu masih sangat jarang dan sangat mahal, teh hanya dikonsumsi oleh kaum kerajaan dan pendeta tinggi.

725
Nah teh pun berganti nama lagi yaitu menjadi Ch’a.

729
Kaisar Jepang menyajikan teh bubuk yang bernama Hiki-Cha kepada pendeta Buddha.

780
Pertamakalinya pajak teh diberlakukan di CinaPenyair Cina Lu Yu menulis buku teh pertama yang berjudul C’ha Ching (The Classic of Tea) bersamaan dengan ajaran Tao. Pada kover buku tersebut menjelaskan tentang teknik kuno penanaman teh dan teknik penyajiannya.

805
Penyebaran ajaran Buddha dan teh menyebar sangat cepat ke penjuru Cina dan Jepang. Pendeta dan Rahib Jepang membawa bibit, teknik penanaman dan kuncup bunga dari Cina dan menanamnya di taman kuil.

960-1280
Dinasti Sung Penikmat teh meningkat sangat drastis, toko-toko teh pun bermunculan dan cangkir teh dibuat dari porcelain dan tembikar. Penyajian teh bubuk dan teh dengan bunga mulai terkenal pada jaman ini. Dan ini lah awal dari teh dengan rasa bunga, buah atau rempah-rempah.

1101-1125
Kaisar Cina Hui Tsung mulai sangat terobsebsi dengan teh dan dia pun menulis tentang tata cara meminum teh yang baik dan membuat perlombaan menyicipi teh. Di saat Kasia Hui tsung sangat “tea-minded” dia tidak menyadari bahwa Mongol mulai mengambil alih kerajaanya.Toko teh dengan seting taman mulai bermunculan di Cina.

1191
Kepala biara Eisai, yang memperkenalkan Zen Buddha di Jepang. Membawa bibit teh dari Cina dan menanamnya di setiap taman biara di Kyoto.

1206-1368
Dinasti Yuan Saat Mongol mengambil kekuasaan di Cina, teh menjadi minuman biasa. Semua orang dapat mengkonsumsinya tanpa memandang status.

1211
Kepala biara Eisai menulis buku tentang teh pertamakali di Jepang dengan judul Kitcha-Yojoki (Book of Tea Sanitation).

1280
Pada saat Cina dikuasai oleh Mongol dan orang Mongol bukannlah seorang penikmat teh. Maka tradisi minum teh perlahan menghilang di kalangan ningrat. Yang meneruskan tradisi tersebut malah rakyat biasa.

1368-1644
Dinasti Ming Kekuasaan Mongol jatuh dan teh pun kembali popular. Jenis-jenis teh seperti teh oolong hijau dan hitam kembali banyak di jumpai di Cina.Cara penyajian teh, dengan daun teh di dalam cangkir atau teko menjadi sangat popular.

1422-1502
Upacara minum teh di Jepang pun muncul. Upacara minum teh pertama di Jepang diciptakanan oleh pendeta Zen yang bernama Murata Shuko, upacara teh tersebut dinamakan Cha-no-yu yang mempunyai arti “hot water tea” dan untuk merayakan segala aspek dalam kehidupan. Status teh pun menjadi naik menjadi sebuah karya seni agung dan hingga bisa dikatakan seperti sebuah agama.

1589
Orang eropa mulai belajar tentang teh saat seorang penulis Venesia mempelajari tentang rahasia umur panjang orang Asia dikarenakan kebiasaan minum teh.
1597
Ini lah tahun dimana teh pertamakli disebut pada terjemahan bahasa inggris oleh ahli navigasi Jan Hudo Van Linschooten, dimana teh disebut sebagi chaa.

Pada akhir 1500-an
Master teh dari jepang Sen-no Rikyu membuka toko teh pertama dan mengembangkan upacara teh menjadi lebih sederhana dan estetis.
Orang Eropa kembali mendengar tetang teh saat pendeta portugis menyebarkan ajaran agama katolik roma di Cina. Dia pun menuliskan tentang manfaaat dan rasa dari teh tersebut.
1610
Belanda membawa teh hijau ke negaranya (ada yang bilang teh ini berasal dari Jepang namun juga ada yang bilang teh hijau tersebut berasal dari Cina)
Dutch East India Company menjual teh sebagai minuman pengobatan eksotik, namun teh dijual
dengan harga yang sangat mahal sehingga hanya kaum ningrat saja yang mampu membelinya.
1618
Duta besar Cina mengirimkan beberapa peti teh sebagai hadiah untuk Czar Rusia Alexis, namun ditolak dengan alasan teh dianggap tidak berguna dan tidak layak untuk disajikan untul Czar Alexis.
1635
Teh mulai diperkenalkan di masyarakat Belanda.
Dokter dari Jerman mengungkapkan bahaya dari mengkonsumsi teh.
1637
Istri dari pedagang kaya Belanda, menyajikan teh di pestanya.
1650-1700
Acara minum teh menjadi sangat popular di seluruh kelas sosial kaum wanita. Para suami banyak mengeluhkan karena acara teh tersebut menyebabkan keluarga berantakan dan para pemuka agama mulai membuat larangan tentan acara minum teh.
1650
Pemerintah Belanda memperkenalkan jenis-jenis the dan tradisi minum teh di New Amsterdam yang kemudian berganti nama menjadi New York.
1657
Teh pertamakali di jual di London sebagai minuman kesehatan, teh ini di jual melalui kedai kopi Garways.
1661
Terjadi perdebatan antara dokter belanda yang menjelaskan manfaat dari the dan dibantah oleh dokter dari Jerman dan Perancis yang menjelaskan efek negatif dari teh.
1662
Charles II menikahi Catherine Branganza dari Portugal yang kebetulan seorang penikmat teh. Teh menjadi sangat popular dan membuat konsumsi alkohol menurun drastis.
1664
English East India Company memberikan hadiah teh kepada Raja dan ratu Inggris.
Inggris mengambil alih New Amsterdam, dan menganti namanya menjadi New York. Dan tradisi minum teh gaya Inggris menyebar di seluruh New York.
1669
English East India Company memonopoli import teh di Inggris setelah menyakinkan pemerintah Inggris untuk melarang import teh dari Belanda.
1670
Massachussetts terkenal sebagai koloni peminum teh hitam.
1680-an
Teh susu disebut-sebut dalam surat Madam de SevignePutri bangsawan York memperkenalkan teh ke Skotlandia
1690
Teh untuk pertamakalinya teh di jual secara umum di Massachusetts.
1679
Untuk pertamakalianya perkebunan teh dan eksport teh Taiwan mulai mengambil tempat di pasar the dunia.
Akhir 1600-an
Rusia dan Cina mentandatangani perjanjian dagang. Dan teh pun didatangkan dari Cina melewati Mongolia dan Siberia.
Abad 18
Kontroversi mengenai teh pun berlanjut di Inggris dan Skotlandia. Dimana oposisi mengeluhkan harga teh yang tak terjangkau, mempunyai efek negatif terhadap kesehatan dan mungkin bisa mengarah kepada kerusakan moral.
1702-14
Selama rejim Ratu Anne, peminum teh berkembang pesat di kedai kopi.
1706
Thomas Twining menyajikan teh di kedai kopi miliknya di London.
1717
Kedai kopi Tom berkembang menjadi toko teh yang bernaman Golden Lyon. Baik laki-laki maupun perempuan mengantri berebut untuk masuk ke toko tehnya.
1723
Perdana mentri Inggris Robert Walpole menurunkan pajak import teh.
1735
Pengiriman teh dari Cina ke Rusia menggunakan tiga ribu onta yang berjalan hingga 11.000 miles yang membutuhkan waktu hingga 16 bulan.
Peminum teh mulai membuat cara minum teh mereka sendiri. Dengan menggunakan inti sari teh, diseduh air panas, ditambahkan dengan lemon dan diminum melewati bongkahan gula yang digigit disela-sela gigi.
1765
Teh menjadi minuman yang sangat terkenal di Amerika.
1767
Terjadi protes besar-besaran di Amerika, dikarenakan pemerintah inggris mengenakan pajak yang sangat tinggi kepada barang-barang import yang masuk ke koloni terutama teh. Hingga terjadi beberapa pemberontakan yang memboykot import teh dari Inggris dan menyelundupkan teh dari Belanda.

1779
Pemerintah Inggris menghapuskan pajak import kecuali pajak teh.
1773
Pemberontakan atas pajak teh yang dilakukan pemerintah Inggris pun dikenal sebagai Boston Tea Party. Para koloni menyamar sebagai dewan pengurus kapal East India Company dan menurunkan ribuan peti teh ke pelabuhan Boston.
Dan hal ini pun terjadi juga di Philadelphia, New York, Maine, North Carolina dan Maryland.

1774
King George III memutuskan untuk menutup pelabuhan Boston.

1775
Selama beberapakali pemerintah Inggris berusaha menghentikan protes pajak tesebut. Revolusi Amerika pun dimulai.

1778
Sebelum tanamaman teh asli dari India (Assam) ditemukan. Sir Joseph Banks, diperkerjakan oleh East India Company, untuk mengembangkan dan menanam teh dari bibit teh cina di India. Selama 50 tahun, India mengalami kegagalan.

1826
John Hornima pertamakali memperkenalkan teh dalam kemasan.

1833
Karena tindakan perdana mentri Charles Grey yang juga merupakan generasi kedua Earl Grey yang kita ketahui merupakan asal nama teh favoritku. East India Company kehilangan monopoli perdagangan Cina terutama disektor teh.

1835
East India Company untuk pertamakalinya menanam teh di Assam, India.

1837
Konsultan Amerika pertama Samuel Shaw. Melakukan perdagangan teh dan sutra dengan Cina.

1838
Untuk pertamakalinya bibit teh dari Cina yang ditanam di India terjual.

1840-50an
Tanaman teh pertamakali ditanam di Sri Lanka.

1840
Putri bangsawan dari Bedford memperkenalkan acara minum teh yaitu Afternoon tea, nah dari sini ritual “Afternoon Tea” tersebut berasal.

1849
Tengkulak teh yang bernama Henry Charles Harod mengambil alih toko bahan pangan di London dan mengubahnya menjadi department stores.

1856
Tanaman teh di tanam di daerah India yang bernama Darjeeling, yaks betul inilah awal teh Darjeeling tersebut muncul.

1866
90 persent teh Inggris masih diimport dari Cina.

1870
Twinning mulai membuat standart racikan teh di setiap kedainya.

1876
Thomas Johndstone Lipton membuka toko pertamanya di Glasgow.

1890
Thomas Lipton membeli perusahaan teh di Sri lanka. Dengan tujuan untuk menjual teh dengan harga yang lebih murah di 300 toko miliknya.

Akhir 1800-an
Teh Assam mulai merebut pasar teh dari Cina.
Sri Lanka yang terkenal akan kopinya pun mulai berubah menjadi negara penghasil teh.

1904
Bagi penyuka es teh wajib tau nih. Pada tahun ini lah Richard Blechynden menciptakan minuman yang bernama es teh dan memperkenalkannya di St Louis fair, hal ini terinspirasi dari cuaca yang sangat terik dikarenakan gelombang panas yang menerjang saat itu.

1908
Thomas Sullivan seorang importer the dari New York tidak sengaja menciptakan teh celup hal ini disebabkan saat dia mengirimkan kliennya teh dengan dibungkus kecil-kecil dengan kain dan mereka karena tidak mengerti langsung merebus teh dengan bungkus-bungkusnya.

1909
Thomas Liptom mulai meracik dan mengemas tehnya.

1910
Pada tahun ini Indonesia tepatnya di Sumatra, mulai menanam teh dan mulai menjadi eksportir teh Dan kemudian di ikuti oleh Kenya serta sebagian besar negara di Afrika.


0 komentar:

Posting Komentar