Sejuta Manfaat Teh

Selasa, 29 November 2011
Membersihkan karpet

Teh hijau juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet kotor. Caranya, taburkan bubuk teh hijau pada karpet dan diamkan selama 15 menit. Kemudian hisap dengan vacuum cleaner hingga bersih.

Mengkilapkan Lantai Kayu

Lantai kayu dapat mengkilap kembali dengan bantuan kandungan tanin dari teh hitam. Caranya, seduh teh hitam dengan air secukupnya. Bersihkan lantai seperti biasa dengan menggunakan air seduhan teh dan biarkan kering dengan sendirinya.

Merawat furnitur

Furnitur kayu juga dapat dirawat dengan daun teh. Seduh daun teh, celupkan kain pembersih kedalamnya, kemudian gosokkan perlahan pada furnitur. Maka, furnitur anda akan bersih dan mengkilap.

Membersihkan Kaca atau Cermin

Jendela kaca atau cermin yang kotor, penuh debu dan noda dapat juga dibersihkan menggunakan teh. Gosokan sisa kantung teh celup yang masih lembab, atau gunakan daun teh yang telah disedug untuk membersihkan kaca dan cermin.

Menghilangkan Noda Toilet

Noda membandel dalam toilet dapat dilenyapkan dengan teh. Caranya, letakan sisa kantung teh yang lembab di bagian bawah toilet selama beberapa jam, kemudian gosok perlahan, siram hingga noda hilang.


Kondisioner alami

Air seduhan teh juga bermafaat sebagai kondisioner rambut kering. Gunakan air teh tawar untuk membilas rambut yang telah dicuci, diamkan hingga lembab, dan bilas sekali lagi

Seduhan teh tawar semalam juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut jika digunakan secara teratur. Atau jika anda memiliki bumbu dapur kering seperti sage dan rosemary, gunakan sebagai campuran seduhan teh hitam, kemudian diamkan selama 1 malam dan gunakan untuk mebilas rambut.

Meredakan Nyeri Ringan

Kulit yang tersengat lebah akan terasa perih dan panas. Untuk menenangkanya, gunakan teh kantong yang basah untuk mengompres. Begitupun pada lokasi bekas suntikan. Tempelkan kantong teh celuo basah pada bekas suntikan.

Mendinginkan Area Bercukur

Ketika para pria bercukur, pasti ada bekas cukuran yang terbuka pori-porinya dan menyebakan efek perih dan panas. Untuk mendinginkannya, gunakan kantong teh celup yang basah untuk mengkompres.

Pewangi Alami

Jangan buang teh herbal yang telah lama tidak digunakan. Rasanya mungkin telah hilang, namun aromanya masih baik. Gunakan untuk menambahkan aroma potpourri (kantung wewangian dari bahan alami yang dikeringkan). Caranya, keluarkan teh herbah dari kantung, tambahkan dalam potpourri.

Penyegar aroma mobil yang biasanya dari bahan kimia juga bisa diganti dengan teh lavender atau teh herbal lainya. Letakan dalam wadah kecil dalam mobil, aroma segarnya pun akan menyebar.

Penyerap Bau

Baking soda sering digunakan sebagai penyerap bau kulkas. Tapi anda juga dapat menggantikannya dengan teh. Masukkan beberapa kantung teh dalam kulkas, sama seperti ketika anda meletakan baking soda.

Menyejukan Mata Lelah

Gunakan teh celup untuk menyejukan mata yang lelah, sebagai pengganti irrisan timun. Letakan teh kantong yang basah pada kelopak mata dan untuk menurangi rasa tak nyaman pada mata yang sakit, tempelkan kantong teh yang telah dicelupakan ke dalam air hangat pada mata.

Mengusir Serangga

Hewan-hewan kecil pada karpet bisa diusir dengan seduhan teh hitam. Masukan air teh dalam sprayer, semprotkan secukupnya padakarpet. Seduhan teh hitam dapat mengusir tungau dan hewan-hewan kecil dikarpet.

Menyembuhkan Luka Bakar

Saat berjemur atau tidak sengaja berada di bawah terik matahari, kulit dapat terbakar. Rasa pedih, panas dan warna merah pada kulit akan sangat mengganggu.

Untuk mengobati luka terbakar, gunakan teh celup yang basah dan tempelkan pada bagian badan yang terbakar, Namun jika seluruh badan terbakar, berendamlah dalam air teh. Teh ini berfungsi untuk menenangkan dan mendinginkan kulit terbakar. Dampak dari luka bakar kecil pun juga dapat berkurang dari pengompresan air teh.

Mengusir Kutu

Cegalah kutu pada hewan kesayangan anda dengan menaburkan daun teh kering disekitar tempat tidur hewan peliharaan anda.

Mengobati Nyeri pada Mulut

Gusi berdarah karena gigi dicabut masih meninggalakn rasa nyeri dan tidak nyaman. Tempelkan kantong teh celup yang basah untuk meredakan nyeri dan mengurangi pendarahan. Redakan juga nyeri pada mulut dengan cara berkumur menggunakan teh mint. Kumurlah beberpakali dan akan terasa perbedaannya, mulut lebih terasa bersih dan nyaman.

Mendinginkan Bisul

Gunakan kantong teh celup basah untuk menompres bisul selama 1 malam, untuk mengurangi rasa nyeri dan panasnya.

Merawat Wajah

Teh hijau baik untuk kesehatan kulit. Itulah sebabnya, teh hijau banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan.

Cara yang sederhana adalah seduh daun teh hijau yang dicampur kulit bunga chamomile. Gunakan untuk membersihkan wajah sebagai bahan perawatan kulit.

Melenyapkan Amis

Tidak hanya bubuk kopi, air teh tawar juga bisa menghilangkan aroma amis pada tangan. Setelah mencuci tangan dengan air teh, lalu cuci lagi menggunakan sabun dan bilas hingga bersih.

Menghilangkan Bau Mulut

Untuk menyiasati bau mulut, tidak selalu harus menggunakan obat kumur. Buatlah air teh seduh yang kental, gunakan untuk berkumur. Lakukan secara teratur setiap hari.

Menetralkan Bau Sampah

Aroma sampah yang tertinggal pada kotak sampah dapat dinetralkan dengan cara menaburkan daun teh hijau kering didalamnya. Daun teh hijau ini akan membantu menyerap bau.

Mempertahankan Air

Tambahkan beberapa kantong teh celup pada tanaman pot di bagian bawah, agar dapat membantu mempertahankan air dan menambahkan nutrisi yang penting bagi tanaman.

1 komentar:

  1. teanology mengatakan...:

    Hai... salam kenal.
    Wah asyik juga infonya. Senang bertemu dengan orang yang berbagi info bermanfaat. Terlebih info itu tentang teh. Salut untuk cita-cita hebatnya - tea taster. Semoga sukses. Silahkan kunjungi saya juga ya...

Posting Komentar