Menyeduh Teh Agar Lebih Nikmat

Senin, 19 Juli 2010

Minuman teh, baik teh hitam maupun teh hijau, kaya khasiat. Kesegaran tubuh dan menenangkan pikiran adalah di antara manfaatnya. Rasa teh dan aroma yang menyegarkan akan lebih optimal jika minuman ini diseduh dengan cara yang baik.


Gunakan air mendidih
Pada dasarnya, teh membutuhkan oksigen, jadi kesegaran air mempengaruhi kesegaran teh itu sendiri. Untuk teh hitam, gunakan air mendidih, jangan dicampur dengan air yang sudah dingin. Daun teh yang menghasilkan teh hitam akan melepaskan rasa dan aroma segar dengan bantuan air mendidih yang penuh dalam satu cangkir.


Ukur suhunya
Jika tak memiliki alat pengukur suhu, perhatikan gelembung saat memasak air. Gelembung kecil yang mengambang di permukaan air, artinya suhunya sekitar 71-76 derajat Celcius, ini belum sempurna. Jika gelembung berkumpul di bagian bawah pemanas air, tandanya suhunya 82-87 derajat Celcius. Ini tandanya air akan sepenuhnya mendidih, dan siap digunakan untuk menyeduh teh hitam.


Lama waktu menyeduh teh
Tolok ukurnya mudah saja, jika menyeduh teh (seperti teh tubruk), lihat besar daun teh keringnya. Semakin besar dauh teh, butuh waktu semakin lama untuk menyeduhnya. Semakin kecil atau halus dauh teh kering, tak butuh waktu lama untuk menyeduhnya. Namun, lama waktu ini juga bergantung tipe teh, dan darimana teh tersebut berasal. Karena setiap perkebunan teh menghasilkan karakter teh yang berbeda. Jika Anda membeli teh langsung dari perkebunan sebaiknya tanyakan berapa lama sebaiknya teh tersebut diseduh. Rata-rata menyeduh teh membutuhkan waktu 2-3 menit.


Takaran menyeduh teh
Siapkan 150 - 200 ml air mendidih untuk menyeduh satu kantong teh atau satu sendok daun teh kering. Satu sendok teh serbuk (daun teh kering) setara dengan 2,5 hingga 3 gram teh.

Sekali seduh saja
Angkat kantong teh atau daun teh setelah menyeduhnya selama tiga menit tadi. Jika ingin menikmati rasa dan aroma teh yang segar, hanya lakukan satu kali penyeduhan. Sebaiknya kantong teh atau daun teh yang sudah diseduh tidak digunakan kembali karena rasanya sudah berubah.
Perlukah memakai gula?
Uniknya teh hitam, bisa dinikmati dengan berbagai cara. Anda tentu terbiasa menikmati teh di pagi hari dengan satu atau dua sendok gula, bukan? Tak apa, setiap orang memiliki selera dan gaya minum teh berbeda. Bahkan ada yang menambahkan dengan susu, jeruk nipis, atau lemon, atau bahkan jahe dan sereh. Bila teh hijau terasa lebih segar dinikmati tanpa gula, bagi sebagian orang rasa pahit teh hitam tanpa gula juga disenangi. Untuk penyimpanan, sebaiknya simpan teh di tempat yang kering dan gelap untuk menjaga kesegaran dari daun tehnya. Simpan dalam wadah yang kedap udara, dan jauhkan dari panas, kelembaban, dan bebauan yang terlalu kuat





Sumber: Kompas.com


Lipton Institute of Tea

0 komentar:

Posting Komentar